DON'T MISS IT!! :
Loading...

#

advertise
advertise

4 Salah Kaprah Dalam Berolahraga

4 Salah Kaprah Dalam Berolahraga

Masalah kelebihan berat badan sudah menjadi masalah yang umum disekitar kita, baik pria maupun wanita, tua atau muda sangat mudah mengalami kelebihan berat badan, dan tidak sedikit dari mereka merasa ternganggu dari segi kesehatan maupun penampilan mereka.

Saat kamu sudah mulai merasa terganggu dengan kelebihan berat badan yang kamu alami, tentunya kamu akan mengambil tindakan dengan melakukan cara-cara yang kamu anggap dapat menurunkan berat badan dengan segera.

Beberapa Cara Untuk Mendapatkan Tubuh Langsing, Yang Harus Segera Kamu Tinggalkan.

Namun ada beberapa cara-cara yang sering dilakukan orang–orang pada umumnya yang dimaksudkan untuk menurunkan berat badan tapi sebenarnya sangat tidak efektif dan malah berpotensi menimbulkan masalah baru.

Dan berikut beberapa kegiatan yang pastinya pernah kamu dengar atau bahkan pernah kamu lakukan sendiri dengan tujuan untuk mendapatakan tubuh langsing yang harus segera kamu tinggalkan.

Joging sambil memakai jaket parasut, supaya banyak keringat yang keluar, banyak lemak yang terbakar.


Joging menggunakan jaket parasut

Ada banyak phrase yang bertema keringat, misalnya berkeringat berarti sehat, atau semakin banyak keringat semakin banyak lemak yang terbakar.

Faktanya keringat dan lemak adalah dua hal yang berberda. Lemak adalah cadangan energi yang tersimpan dibalik kulitmu, sedangkan keringat adalah cairan yang dihasilkan tubuhmu untuk mengatur suhu tubuh. Disini kita akan membahas sedikit tentang keringat, apa saja pengaruhnya terhadap kesehatan, dan kemana perginya lemak.

Kita mulai dari sumber keringat, yaitu kelenjar keringat. Kelenjar ini berfungsi menghasilkan cairan (keringat) yang terdiri dari air dan garam untuk mengatur suhu tubuh. Ketika cairan tersebut keluar dari kulitmu, maka akan terjadi efek pendinginan pada tubuh. Beberapa faktor yang berpengaruh pada dihasilkannya keringat adalah;

  • Suhu luar yang panas.
  • Suhu tubuh yang menjadi panas.
  • Adanya proses pembakaran dalam tubuh yang menghasilkan sisa hasil pembakaran yang perlu dibuang melalui keringat.

Kita dapat mengelempokkan cara untuk menghasilkan keringat ini menjadi 2, yaitu non olahraga dan olahraga. Kamu bisa aja berkeringat saat merasa gugup ataupun cemas, karena faktor adrenalin, begitu juga saat menyantap makanan yang pedas dan berada ruangan atau udara yang panas membuat kamu berkeringat karena untuk menyesuaikan dengan suhu tubuh, sebaliknya pada suhu dingin kamu kerap merasa selalu ingin buang air kecil.

Seperti yang disebutkan sebelumnya. banyak yang percaya bahwa berkeringat bisa membuat kurus dan sehat. Karena itu akhir-akhir ini banyak bermunculan fasilitas-fasilitas bagi masyarakat untuk memacu munculnya keringat. Kita bisa sebutkan beberapa seperti, kelas aerobik dan sauna. Pada saat berolah raga, suhu tubuh dan metabolismemu akan meningkat, sehingga panas tubuh juga meningkat. Akibatnya, kelenjar keringat akan mengeluarkan banyak keringat.

Secara alami tubuh akan menjaga suhu tubuh tidak naik terlalu tinggi dengan cara mengeluarkan keringat. Proses penguapan keringat akan menyerap panas tubuh sehingga suhu badan akan tetap terjaga normal.

Saat kamu berlari memakai jaket sering kali bertujuan untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Memang hal itu akan terjadi, tetapi hanya sesaat. Sebab berat badan berkurang karena banyaknya cairan yang keluar dari tubuh, tetapi kemudian akan kembali naik setelah mengkonsumi cairan.

Dan memang benar saat berolahraga kamu menggunakan lemak yang ada ditubuh sebagai bahan bakar, tetapi banyaknya keringat yang dihasilkan bukan indikasi seberapa banyak lemak yang sudah kamu bakar. Kalau gitu gimana dong dengan orang yang berada pada daerah dengan iklim yang dingin, mereka mungkin hampir tidak berkeringat saat berolahraga, tapi bukan berarti tidak ada lemak yang terbakar bukan.

Malah ada beberapa phrase yg sering diucapkan ketika sesorang sedang berolahraga, sperti "lagi cari keringat nih" atau "lama gak olahraga, cari keringat dulu". Kesannya seperti, keringatan = olahraga.

Balik lagi ke jaket parasut, sayangnya bukan cuma tidak efektif, jogging dengan memakai jaket parasut juga dapat menggangu kesehatanmu. Saat suhu tubuh tinggi, pemakaian jaket juga hanya memperparah kondisi tubuh. Gejala heat stroke di antaranya ialah pandangan mulai berkunang-kunang, wajah pucat, tangan dingin, hingga tak sadarkan diri.

Ketika tubuh kekurangan cairan, darah akan menjadi kental sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu, termasuk ke jantung hingga otak.

Sebenarnya cara seperti ini kadang digunakan para atlet professional, seperti tinju dan cabang beladiri lainnya, saat ingin turun pertandingan tapi masih harus menurunkan berat badannya beberapa kilo untuk masuk kategori kelas yang dipertandingkan, bedanya mereka sudah terlatih dan berpengalaman, gak kaya kamu, udah gemuk, jogging pake jaket parasut, tangah hari bolong, cari penyakit. Paling-paling cara seperti ini hanya bertahan selama 2-3 hari, besoknya pasti kapok.

Dan saat berat badan berhasil turun, sebenernya lemak tidak dibuang dari dalam tubuh, melainkan hanya ukuran sel lemak yang mengecil. Tetapi jumlah sel lemak di dalam tubuh tetap sama, hanya ukurannya saja yang berkurang, makanya seseorang yang pernah gemuk sangat mudah untuk kembali menjadi gemuk, jadi jangan pernah punya cita-cita pengen gemuk.

Berolahraga dengan perut kosong, supaya lebih banyak lemak yang digunakan.

Olahraga perut kosong


Aku ngerti sih sama apa yang kamu pikirkan, tujuan kamu berolahraga dengan perut kosong, maksudnya supaya energi yang digunakan sebagai tenaga saat berolahraga adalah cadangan lemak, sedangkan kamu pikir kalau makan dulu artinya hanya membakar makanan yang baru saja dimakan.

Namun pada kenyataannya, penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah kalori yang terbakar dalam kedua kasus adalah sama, dengan satu penelitian menunjukkan bahwa kalori yang kamu bakar saat berolahraga dengan perut kosong sebenarnya adalah otot-otot yang sangat penting.

Berolahraga dengan perut kosong tubuhmu dapat mengonversi asam amino-blok pembangun otot menjadi glukosa, sebagai sumber energi, dan meningkatkan hormone kortisol. Saat kamu berolahraga dengan perut kosong berharap dapat membangun otot, padahal kamu sedang menghancurkan serat-serat otot tersebut. Dan ini kontra-produktif dengan tujuanmu berolahraga.

Saat berolahrga hal yang terpenting adalah performa, mau sebentar mau lama, latihan beban ataupun hanya berlari, kamu harus memaksimalkan sesi latihan yang ada, untuk memaksimalakan pembakaran kalori dan tentunya untuk meningkatkan metabolisme, kesehatan dan tingkat kebugaran kamu.

Lalu bagaimana kamu bisa mendapatkan performa yang maksimal dalam sesi latihan, sedangkan saat kamu berolahraga dengan perut kosong, malah mungkin baru beberapa menit sudah merasa lemas.

Maka sebaiknya konsumsi dulu makanan sebelum memulai sesi latihan, tentunya tetap memperhatikan jumlah dan jenisnya tergantung dari waktu konsumsi sebelum latihan.

Habis bakar kalori, masa konsumsi kalori lagi?

Pernah dengarkan ungkapan itu, sehingga sebagian orang berfikir gak perlu makan setelah berolahraga, karena mereka pikir bakalan rugi, habis olahraga capek-capek buat bakar kalori masa masukin kalori lagi.

Padahal saat berolahraga adalah kondisi dimana tubuh sangat memerlukan makanan dan menyerap nutrisi pada makanan dengan baik, sama seperti seperti kondisi saat baru bangun tidur tubuh kita telah kehilangan nutrisi setelah berolahraga ataupun berpuasa saat tidur.

Dan anehnya malah ada yang bertanya “kenapa habis olahraga kok malah lapar?” yaa tentu saja itu hal yang wajar, jadi gak apa-apa, silakan makan karena memang seharusnya seperti itu.

Bakar Kalori

Tapiii..tentunya dengan tetap memperhatikan kandungan dan porsi yang dikonsumsi, tergantung dari intensitas dan durasi latihanmu, jangan seperti biasanya, ini cuman lari beberapa putaran, selesai berolahraga malah singgah ke "paklek pentol".

Jadi sebaiknya setelah berolahraga makan makanan yang nutrisinya cukup dan baik, serta rendah kalori dan mudah serap, seperti buah-buahan dan makanan cair/susu protein. 

Sit-Up yang banyak biar perut rata!

Sama seperti kamu, seseorang yang mengalami kelebihan berat badan dapat dipastikan juga mempunyai permasalahan yang lain. Apalagi kalau bukan perut buncit.

Jangan sit-up


Sayangnya tidak sedikit yang berpikir bahwa dengan melakukan Sit-Up dapat membuat perut menjadi rata. Salah!, Latihan Sit-Up adalah bertujuan untuk mengencangkan otot perut bukan untuk menghilangkan lemak pada perut.

Sebenarnya secara anatomi setiap orang meiliki otot perut, Cuma sayangnya tak terlihat karena tertutupi oleh lapisan lemak perut, semakin tebal lapisan lemaknya maka semakin tak terlihat “Six-Pack”nya. Dan untuk membuat Six-Pack kamu terlihat tentunya dengan menurunkan kadar lemak pada tubuhmu dengan melakukan diet.

Latihan Sit-Up sebenarnya tidak cocok untuk pemula, karena diperlukan core yang sudah terlatih untuk dapat melakukan Sit-up, dan gerakan Sit-Up lebih komplek dan tidak semudah yang selama ini kamu praktekan, Jika dilakukan dengan cara yang tidak benar bukan tidak mungkin hanya menambah masalah baru bagi tubumu.

Teknik Sit-up


Posisi belum pas namun sudah melakukan gerakan Sit-Up, alhasil tubuh jadi mudah cedera dan kram. Sit-Up dapat menekan saraf yang dapat menyebabkan nyeri terlebih lagi diakukan dengan cara yang salah. Sebab, selama Sit-Up, pelakunya terlalu banyak alami tekanan pada tulang belakang.

Sit-Up melibatkan menggunakan otot menstabilkan lainnya di dada, punggung, leher dan pinggul. Kesalahan umum saat melakukan Sit-Up adalah terutama menggunakan fleksor pinggul bukan perut. Karena Sit-Up cenderung melibatkan beberapa kelompok otot, jika seseorang memiliki masalah leher atau punggung, Sit-Up dapat kontraindikasi.

Pun demikian, sebenarnya kamu tetap perlu melatih otot perut. Dengan melatih kekuatan otot perut, kamu akan lebih mudah melakukan gerakan lainnya dan meraih perut langsing dan ramping. Selain latihan Sit-Up adalah latihan Crunch atau Crunches yang juga sebenarnya sangat baik untuk melatih ototperutmu, tapi hanya kalah populer dengan Sit-Up.

Teknik Crunch


Gerakan Crunch sebenarnya hampir mirip dengan Sit-Up, hanya terdapat sedikit perbadaan, tapi lebih aman untuk dilakukan bahkan untuk seorang pemula, bahkan dengan lemak perut yang tebal, gerakan Crunch hanya mengangkat batang tubuh bagian atas atau bagian dada tanpa mengangkat seluruh batang tubuh termasuk perut. Crunch juga memiliki banyak variasi gerakannya jika kamu mau lebih mengeksplor lagi.

Jadi itulah beberapa hal-hal yang mungkin selama ini kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan bertujuan untuk menurunkan berat badan, yang harus segera kamu tinggalkan.Selain itu kamu juga mulai harus lebih selektif dalam memilih informasi yang kamu dapatkan, jangan mudah percaya begitu saja, pelajari dan cari tahu apa manfaatnya.

-mfikriazhari-


Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Keringat
http://health.kompas.com/read/2015/08/05/0731009/Bahayanya.jika.Lari.Pakai.Jaket
http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/kemana-lemak-pergi-saat-berat-badan-turun.html
http://teguhiw.me/resiko-olahraga-lari-dengan-memakai-jaket/
http://www.popsugar.com/fitness/photo-gallery/29095429/image/29096178/Youll-Burn-More-Fat-Exercising-Empty-Stomach
https://www.caloriesecrets.net/sit-ups-vs-crunches-which-one-is-better/
4 Salah Kaprah Dalam Berolahraga 4 Salah Kaprah Dalam Berolahraga Reviewed by mfikriazhari on May 19, 2017 Rating: 5

8 comments:

  1. Kalau crunch bagusnya habis ataunsebelum olahraga?

    ReplyDelete
  2. bener tuh kadang banyak yang salah kaprah untung ane kurus jadi gk perlu diet

    ReplyDelete
  3. btw, berguna banget informasinya, terutama juga untuk ane yang jarang olahraga, biar lebih hati" :D

    ReplyDelete
  4. iya tuh gan yg olahraga dengan perut kosong kayaknya bener salah, faktanya kan kalo perut kita kosong pasti tenaga juga sedikit dong. jadi performa olahraga kita tidak akan maksimal

    ReplyDelete
  5. I love what you guys are up too. This kind of clever work and exposure! Keep up the fantastic works guys I've included you guys to blogroll. msn hotmail sign in

    ReplyDelete

advertise
Powered by Blogger.