DON'T MISS IT!! :
Loading...

#

advertise
advertise

Menentukan Waktu Latihan Yang Tepat , Dan Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan.

Menentukan waktu latihan yang tepat

Menentukan waktu latihan yang tepat, dan apa saja yang perlu diperhatikan.

Selain menentukan berapa kali latihan dalam seminggu, hal yang mendasari dalam membuat program latihan adalah waktu latihan, yaitu waktu latihan pada pagi, siang, sore atau malam hari. Dengan menentukan waktu latihan yang tepat, tentu akan mempengaruhi hasil latihan sehingga penting untuk dipertimbangkan.

Jika ditanya, kapan waktu yang paling baik untuk latihan? setiap orang pasti mengklaim kalau waktu latihan merekalah yang paling baik. Karena, seperti menentukan berapa hari latihan dalam seminggu, waktu latihan juga disesuaikan berdasarkan rutinitas dan aktifitas sehari-hari. Dan kalau mau dibahas satu-persatu, ”nyerempet-nyerempet” science dikit, juga berdasarkan pengalamanku secara pribadi, ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk memilih waktu latihan.

Performa latihan sangat penting

Yang pertama perlu kamu ingat, Dalam berolahraga hal yang paling penting adalah performa saat latihan, meskipun hanya sebentar tapi berlatih secara maksimal lebih baik daripada latihan sampai dua jam tapi gak fokus.

persiapan latihan


Untuk itu, selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah kesiapan atau waktu persiapan. Untuk menghasilkan sebuah latihan yang berkualitas tentu memerlukan persiapan yang matang, seperti memperhatikan waktu makan sebelum latihan, Pre and Post Workout Snacks, stamina atau tenaga untuk latihan, mempersiapkan perlengkapan latihan, dan bahkan untuk menyusun menu latihan.

Efek setelah latihan

Kemudian yang perlu kamu perhatikan adalah efek setelah latihan. Ya, tentu sebuah latihan apalagi latihan dengan intensitas yang cukup tinggi akan memberi efek samping bagi tubuh. Seperti kelelahan atau efek pelepasan hormon tertentu terhadap tubuh karena latihan.

Dari beberapa poin diatas bisa kita coba aplikasikan ke beberapa waktu yang bisanya umum dipilh untuk berlatih.

Misalnya, disini kamu memiliki rutinitas seperti sebagian besar orang pada umumnya, yaitu mulai berkatifitas dipagi hari dan selesai pada sore hari. Sehingga punya 3 pilihan waktu untuk latihan, yaitu pagi sebelum berangkat kerja, sore pulang kerja dan malam hari.

Pagi Hari

Saat memilih waktu pagi hari untuk latihan, kamu akan diuntungkan dengan kandungan oksigen dalam udara yang relatif banyak dan bersih, selain itu kondisi tubuh yang masih segar karena belum melakukan aktifitas sebelumnya.


gym pagi

Tetapi hal yang menjadi kendala mungkin adalah persiapan. Ya, karena kamu perlu mengkonsumsi cukup makanan terutama karbohidrat untuk energi saat latihan, semakin banyak makanan yang kamu makan maka waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan tersebut sampai siap untuk melakukan latihan semakin lama. sebaliknya semakin sedikit makanan yang kamu makan semakin sedikit tenaga yang dapat kamu hasilkan untuk latihan. Selain itu seberapa berat latihanmu dipagi hari, harus disesuaikan dengan aktifitas selanjutnya, terlebih jika kamu mimiliki pekerjaan yang memerlukan tenaga yang ekstra.

Untuk menyiasatinya kamu bisa memilih antara bangun lebih awal lagi untuk waktu persiapan yang lebih panjang atau memundurkan waktu latihan. Akan menjadi masalah ketika kamu harus berangkat kerja lebih awal. Dan memang sebenarnya waktu pagi hari lebih cocok untuk latihan dengan durasi yang sebentar, seperti latihan kardio ringan atau latihan beban dengan intensitas rendah. 

Sore Hari

Secara pribadi, menurutku sore hari adalah waktu yang paling baik untuk latihan, karena kamu akan punya cukup waktu untuk mempersiapkan latihan, dari waktu makan dan persiapan lainnya. Aku sendiri biasanya makan “besar” sebelum latihan terkahir pada pukul 3 siang atau 2-3 jam sebelum latihan, disamping pre workout snack.

sistem carcadian

Dalam Ritme sirkadian atau circadian rtyme yaitu 24 jam siklus proses biologis tubuh, dijelaskan bahwa sore hari adalah waktu dimana tubuh dalam kondisi yang baik untuk berolahraga.

Dan dengan berlatih pada sore hari, kamu tidak perlu khawatir untuk efek setelah latihan, karena punya waktu yang banyak untuk beristirahat pada malam hari. Selain itu memang malam hari adalah waktu yang dianjurkan untuk beristirahat karena tubuh memproduksi hormon melatonin pada malam hari, yaitu hormon yang berfungsi membangun sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit sekaligus menghambat pertumbuhan sel yang merugikan.

Malam hari

Dan jika kamu memilih waktu latihan pada malam hari keuntungannya adalah waktu persiapan, kamu bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi yang cukup besar pada sore harinya, dan mungkin sempat beristirahat sebentar sepulang kerja untuk mengembalikan stamina sebelum latihan.

Selain performa latihan, hal yang perlu kamu perhatikan saat berlatih dimalam hari adalah efek setelah latihan. Seperti kita ketahui olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur, biasanya tubuh akan merasa kelelahan setelah latihan sehingga mudah untuk tidur, tetapi hal tersebut dapat terjadi beberapa jam setelah latihan.


ngegym malam

Sedangkan sesaat setalah latihan tubuh masih merasa bersemangat kerena efek dari latihan, disebabkan sejumlah hormon Endorfin dan Adrenalin yang dihasilkan saat berolahraga, yang membuatmu merasakan Euforia setelah berolahraga dan efeknya dapat berlangsung hingga beberapa jam, sehinggga membuat matamu tetap segar sehingga susah untuk dapat tidur. Selain itu, olahraga diketahui akan meningkatkan suhu tubuh dan mengaktifkan sistem
saraf simpatik (mempercepat denyut jantung) karena itu berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur bisa membuatmu sulit mengantuk.

Terlebih lagi kamu perlu mengkonsumsi beberapa makanan untuk menggantikan nutrisi dan cadangan glikogen setelah latihan, dan ketika kamu tidur dalam keadaan perut terlalu kenyang tentu akan menganggu kualitas tidur.

Kamu dapat menyiasati dengan mengkonsumsi makanan cepat serap namun kaya nutrisi setelah berlatih pada malam hari, dan juga mempersingkat waktu antara selesai berlatih sampai pulang kerumah dengan menghindari ngobrol dengan teman sehabis latihan (optional), atau dengan memilih gym yang lokasinya paling dekat dengan rumahmu.


outdoor workout

Karena itulah, sebenarnya waktu latihan pada malam hari adalah waktu yang paling aku hindari, karena setelah latihan bukannya rasa capek yang lebih terasa, tapi malah lebih berasa bersemangat kerena efek dari latihan sehingga membuat waktu tidur malah semakin mundur. Selain itu karena aku juga suka melakukan latihan secara outdoor, berlatih pada malam hari gak bisa dilakukan “sekeras” latihan pada sore hari.
The best time to excercise is anytime you can do it
Nah, Itu tadi ulasan dari beberapa hal-hal yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan dalam memilih waktu latihan. Kembali lagi mana yang terbaik menurutmu dengan menyesuaikan keadan, situasi dan kondisi. Yang perlu dihindari adalah waktu latihan yang sangat mepet dengan waktu tidur, atau kamu dapat memilih dengan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.

Kapanpun waktu latihan yang kamu pilih untuk dijadikan rutinitas latihan sebaiknya dipertimbangkan dengan baik dan dijalankan dengan konsisten, karena pada akhirnya tubuh akan terbiasa dan beradaptasi terhadap waktu latihan yang dilakukan secara rutin.

The Only Bad Workout Is The One That Did’t Happen

-mfikriazhari-


Menentukan Waktu Latihan Yang Tepat , Dan Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan. Menentukan Waktu Latihan Yang Tepat , Dan Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan. Reviewed by mfikriazhari on May 31, 2017 Rating: 5

6 comments:

  1. ane jarang olahraga kalo udah di depan lepi gan :"(

    ReplyDelete
  2. mas, kalau kerjanya shift2an? ngaturnya gimana?

    ReplyDelete
  3. Sepertinya pagi hari mantap tuh gan

    ReplyDelete
  4. Saya latihan gak nentu kadang pagi kadang malam itu gmna mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu tadim yang penting perhatikan performa dan efek setelah latihan, lagian walaupun kadang pagi kadang malam pasti ada skemanya,. hari apa aja yang pagi hari apa aja yang malam, jadi bisa disesuaikan

      Delete

advertise
Powered by Blogger.