DON'T MISS IT!! :
Loading...

#

advertise
advertise

Sebenarnya Diet Itu Apa Sih, Trus Gimana Yang Bener?


"Sist, makan siang ditempat biasa yuk"
"Gak ah, lagi diet.."
"Bro, gak sarapan?"
"Gak, lagi diet!"
"loh, kamu makan nasinya kok sedikit betul"
"iya dong, kan lagi diet.."

Pernah mendengar percakapan seperti diatas?, atau kamu salah satu pemeran dari percakapan tadi? hahaay...

Seringkali kita menyelipkan kata diet dalam percakapan sehari-hari, dan juga banyak orang ketika bingung ingin menurunkan berat badan mereka, mereka akan mulai dengan mencoba melakukan diet.

Tapi apa kamu sendiri tau apa yang dimaksud dengan Diet, dan Diet itu seperti apa?

Jika diartikan secara harfiah, arti Diet sebenarnya adalah "pengaturan pola makan" atau "food management". Sayangnya semakin kesini diet semakin dimaknai berbeda, malah sering disalah artikan. Selama ini pada kebanyakan orang diet dianggap sebagai kata yang mewakili upaya dalam menurunkan berat badan.

Yang lebih parah, stigma diet sebagai usaha menurunkan berat badan dengan cara mengurangi makan atau membatasi porsi tertentu, menghindari konsumsi nasi, tidak boleh makan malam, serta identik dengan berlapar-lapar.

Dan juga masyarakat menganggap diet hanya perlu dilakukan seseorang yang ingin menurunkan berat badan, orang yang berdiet biasanya juga sering mengikuti pantangan makan dari "ahli" diet yang dia lihat di media atau perkataan teman tanpa memahami lebih dalam apakah aturan itu cocok atau tidak dengan dirinya. Dan inilah pokok permasalahan mengapa diet sering gagal.

Padahal ada banyak jenis dan tujuan diet yang biasa dilakukan selama ini, seperti menurunkan berat badan dan kadar lemak, menaikan berat badan dan menambah massa otot, meningkatkan performa latihan, mencegah keropos tulang, ada juga diet untuk penderita diabetes, dan bahkan diet bisa dilakukan oleh siapa saja walaupun sudah memiliki tubuh yang ideal.

perencanaan diet


Artinya diet sebagai upaya mengatur pola makan dengan meperhatikan asupan nutrisi secara kualitas dan kuantitas dalam mencapai sebuah goal. Dan dalam menyikapi diet sebaiknya pandang sebagai sesuatu yang dapat kamu atur dan tidak membebani serta dapat dijalankan secara 'long term' (jangka panjang).

Maka sebaiknya mulai sekarang kita fokus pada pola pikir yang benar, yaitu kata "diet" sebagai food management untuk  meningkatkan kesehatan kita. Jadi memang sebenarnya diet itu gak semudah seperti yang selama ini kita ucapkan dalam pergaulan  sehari-hari, malah terkadang sering dijadikan bahan candaan.

Lalu, bagaimana cara menjalankan diet yang benar?

Kita tau selama ini diet kesannya sebagai sesuatu yang ribet, itu juga yang menjadi sebab banyak yang menjalankan diet cuma asal-asalan tanpa mempelajari dulu sebelumnya dasar-dasar menjalankan diet yang sehat dan aman.

Diet akan menjadi sesuatu yang menimbulkan sengsara atau sesuatu yang tidak menyenangkan apabila tidak cukup informasi, pengetahuan dan kreatifitas dalam menjalankannya, maka diet akan menjadi seperti apa yang selama ini dibayangkan orang.

Sebagai contoh dalam mengkreasikan dan menyajikan makanan, kita harus pandai-pandai memilih makanan berdasarkan kandungan nutrisi dan nilai kalorinya dalam menyeimbangkan diet yang kita jalankan, tapi tetap terasa enak saat dimakan.

kebutuhan makronutrisi
Walaupun sepertinya sulit, tetapi dalam merencanakan dan menjalankan program diet sebenarnya ada dasar ilmunya, dan dapat dipelajari dengan mudah asal ada kemauan, cermat, dan memiliki rasa antusias.

Yang lucu ketika banyak orang yang mengaku sedang berdiet tapi sama sekali tidak paham cara menghitung kalori dan rasio makronutrisi.

Baca juga:
Makronutrisi dan Hubungannya dengan Kebutuhan Kalori Sehari-hari.


Dengan memahami dasar-dasar diet seperti perhitungan kalori, kandungan nutrisi, makronutrisi dari setiap makanan yang biasa dikonsumsi, kamu dapat mengaplikasikan bagaimanapun dan apapun tujuan diet kamu.

Jadi lebih baik bersusah-susah sedikit dengan mempelajari ilmu dasarnya, daripada menjalankan sesuatu yang kelihatannya mudah tapi cara yang digunakan salah. Mending kalau cuma salah, biasanya diet yang dijalankan sembarangan malah berpotensi menjadi penyakit.

Nah...oke, jadi mulai sekarang jangan salah kaprah lagi dengan menggunakan kata diet untuk alasan yang tidak tepat.

-mfikriazhari-


Referensi:
APKI.2016. Fitness Trainer Study Guide. Jakarta: Asosiasi pelatih kebugaran Indonesia
Rai, Ade. 2009. Tingkatakn FItness IQ Anda!. Jakarta. Penerbit Libri

Hersiana, Nunny. 2015. Happy Eating GoLangsing. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka
Sebenarnya Diet Itu Apa Sih, Trus Gimana Yang Bener? Sebenarnya Diet Itu Apa Sih, Trus Gimana Yang Bener? Reviewed by mfikriazhari on May 17, 2017 Rating: 5

4 comments:

  1. Jadi intinya diet itu mengatur pola makanan yang asalnya tidak sehat menjadi sehat ya gan sehingga tidak dapat menimbulkan kerusakan dalam tubuh kita..

    ReplyDelete
  2. Nice gan, begini nih artikel bermanfaat

    ReplyDelete

advertise
Powered by Blogger.