DON'T MISS IT!! :
Loading...

#

advertise
advertise

16 Cara Memotivasi Diri Sendiri Supaya Rutin Berolahraga


Di zaman yang serba mudah seperti sekarang, Sehat sepertinya sudah menjadi barang yang mahal. Tidak sedikit orang yang menghabiskan uangnya untuk mendapatkan sehat, terbukti dengan banyaknya iklan-iklan program kesehatan, produk-produk kesehatan, dan perkembangan ilmu kesehatan itu sendiri.

Padahal untuk mendapatkan sehat atau menjaga kesehatan yang kita miliki sebenarnya caranya cukup mudah dan murah, yaitu salah satunya dengan berolahrga secara rutin dan terprogram.

Cuma yang jadi masalah adalah tidak banyak orang yang mampu untuk membiasakan berolahraga secara rutin. Walaupun sudah memiliki niat yang kuat untuk berolahraga tetapi selalu saja ada hal-hal sepele yang menjadi alasan untuk menunda berolahraga, karena niat yang benar saja belum cukup jika tidak dilanjutkan dengan langkah yang tepat. Atau mungkin tidak memiliki cukup motivasi sehingga selalu kalah oleh rasa malas.

Tidak dipungkiri motivasi adalah sesuatu yang mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya kita anggap sulit, tidak terkecuali berolahrga. Yang sering menjadi masalah adalah mendapatkan motivasi itu sendiri, padahal ada banyak cara untuk mendapatkan motivasi, yang bisa didapat dari mana saja, oleh siapa saja dan bahkan dari dalam diri sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan sendiri untuk mendapatkan motivasi yang kuat, supaya bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dengan aktif berolahraga.

First action

1. Style first skill later



Cara pertama yang cukup mudah supaya kamu mau mulai rutin berolahraga adalah, beli beberapa setel pakaian olahraga lengkap dengan aksesorisnya, karena seseorang yang punya kemuan yang cukup kuat bisa saja mengurungkan niatnya karena setelan olahraga yang belum up to date.

Jangan beli yang KW, selain karena produk yang asli lebih awet dan nyaman dipakai, kamu juga akan berpikir sayang kalau sudah dibeli tapi gak dipakai.

2. Jadi member gym
Walaupun belum tau nanti digym mau ngapain atau latihan apa aja, paling ngak dengan jadi member gym kamu sudah satu langkah lebih baik dari sebelumnya.

3. Cari teman
Cari salah satu temanmu yang juga ingin aktif berolahrga, lalu saling memberi motivasi dan bertukar pikiran. Lebih baik satu orang saja, karena kalau dua atau lebih malah bisa gak fokus dan cenderng lebih banyak bercanda.

Kurangi bergaul dengan teman-teman yang malah membuatmu malas berolahraga, sebaliknya cari teman yang memberikan aura positf dan semangat untuk berolahrga.

Surround yourself with motivation!


4. Cerita inspirasional


Ada banyak kisah yang menceritakan perjuangan sesorang dalam menurunkan berat badan, dan berhasil meraih kesuksesan dengan bertransformasi menjadi sesorang yang lebih sehat dan happy, kamu bisa meniru salah satunya. 

5. Bandingkan dengan orang lain



Banyak orang yang memiliki keterbatasan atau mungkin orang yang lebih gemuk dari kamu, tapi tidak mengendorkan semangat mereka untuk berolahraga. Mereka aja bisa, masa kamu nggak! 

6. Prove them wrong 
Cara yang cukup mudah untuk mendapatkan motivasi adalah dengan mengingat kembali ejekan atau apa saja perkataan orang yang pernah menjadikanmu sebagai bahan candaan karena bentuk tubuhmu.



Jangan cuma dimasukan kehati dan menjadi beban pikiran, tapi jadikan sebagi motivasi dan pelecut semangat untuk kamu lebih keras berlatih, tutup mulut mereka! Dasar gendut!

 
7. Contoh public figure


Bayangkan jika kamu memiliki tubuh atletis dan sexy seperti mereka. Tapi kamu perlu tau, mereka mendapatkan tubuh yang bagus seperti itu bukan dengan cara bersantai-santai.

Peran Media Sosial

8. Manfaatkan media sosial
Kamu yang membaca artikel ini bisa dipastikan memiliki beberapa akun media sosial, paling tidak seperti facebook, instagram dan twitter. Jangan dijadikan media sosial hanya untuk 'spik-spik' gak jelas atau sekedar untuk mengisi waktu.



Tapi manfaatkan media sosial yang kamu punya untuk mendapatkan motivasi, salah satunya dengan mem”follow” akun-akun yang sering memposting rutinitas workout atau menu-menu latihan mereka. Dan jangan cuma jadi follower pasif.

9. Join Page and Forum
Join forum atau grup komunitas yang membahas tips-tips dan menu latihan. Disitu kamu juga bisa bertanya apa saja yang berhubungan dengan latihan.


Like juga halaman Facebook, yang memberikan informasi seputar kesehatan dan olahraga, selain itu terkadang memposting gambar-gambar (meme) yang memberikan dorongan motivasi untuk berolahraga. Untuk aku sendiri, cara-cara ini sangat ampuh.

Upgrade wawasan


10. Upgrade wawasan.
Tumbuhkan rasa ingin taumu, isi waktumu dengan membaca hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dan olahraga. Ini perlu, karena dengan begitu kamu akan tau kebiasaan mana yang kurang baik untuk dilanjutkan dan kebiaasaan mana yang memliki manfaat buat kesehatan.


Selain itu kamu pasti akan tertarik untuk menerapkan ilmu yang kamu dapatkan, yang lebih penting agar terhidar dari mitos-mitos menyesatkan seputar olahraga, dan Aku rasa ini tidak sulit karena sekarang sudah sangat mudah untuk mendapatkan informasi.

Atau mungkin sebenarnya kamu bukan malas, kamu hanya tidak tau mau ngapain sehinga takut salah dan ragu untuk memulai, maka upgrade wawasanmu. Buang jauh-jauh pemikiran kalau olahraga itu menyiksa dan membosankan.

Tentukan alasan, Lakukan untuk diri sendiri



11. Bayangkan apa yang akan kamu dapatkan
Dalam impian setiap orang pasti mengingikan kehidupan yang sempurna, karir yang baik, kehidupan sosial, keluarga, juga hubungan dengan Tuhan, dan itu semua bisa kamu raih dan nikmati jika memiliki kesehatan, dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar akan membuatmu memiliki lebih banyak energi dan akan merasa lebih baik dalam menjalani aktifitas sehari-hari. 

12. Ingat waktu sakit
Sebaliknya, ingat waktu kamu sakit, sama seperti orang normal lainnya kamu pasti pernah sakit. Waktu sakit apa-apa serba gak enak, mau ngapain aja gak enak, malah kegiatan yang enak aja jadi gak enak, seperti makan, minum dan tidur. Nah, coba bayangkan kembali bagaimana rasanya saat kamu sakit. Tapi sayangnya sangat sedikit orang yang mengambil pelajaran dari sakitnya.

13. Berusaha mengurangi kebiasan buruk
Salah satunya seperti tidur terlalu larut, karena hampir dipastikan orang yang tidak terbiasa bangun pagi bukan orang yang memiliki kesehatan yang baik. Dengan tidur terlalu larut jangan harap untuk dapat berolahraga dipagi hari. 

14. Ingat usia
Mungkin sekarang kamu baik-baik aja atau merasa jarang sakit, karena usia yang masih muda. Padahal seiring bertambah usia, sistem kekebalan tubuh kita semakin menurun, begitu juga dengan metabolisme. Berolahraga akan meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh, dan untuk mulai berolahraga serta menerapkan pola makan yang teratur tidak pernah mengenal kata terlambat.

Rasa malas, semakin dimanjakan akan semakin menguasai dirimu, Lawan!
15. Untuk siapa 
Masih malas? Coba investigasi penyebab kemalasanmu, aku yakin pasti ada alasanya. Dan kalau semua cara belum cukup memotivasimu untuk mulai berolahraga, ingatlah orang orang terdekatmu.



Kalau kamu tidak cukup sayang dengan kesehatanmu sendiri setidaknya pikirkan mereka, orang-orang yang menyayangimu, orang-orang yang menjadi tanggung jawabmu, karena kalau kamu sakit bukan kamu sendiri yang kerepotan. #SedihCuk
 

Lewati Bagian Tersulit

16. Lakukan Segera



Jangankan kamu, seseorang yang sudah terbiasa rutin berolahraga juga terkadang bisa malas, biasanya karena habis sakit atau ada kegiaan yang menyita waktu, sehingga cukup lama tidak berolahraga. 
Starting Is The Hardest Part
Ketika ingin memulai kembali rutinitas latihan seperti biasa rasanya sangat berat, dan memang bagian yang tersulit adalah memulai. Tapi begitu kamu melewatinya sisanya akan terasa mudah, malah sebaliknya kamu pasti akan merasa sayang kalau satu hari saja tidak diisi dengan latihan. Nah, jadi yang harus kamu lakukan sekarang adalah hanya perlu melewati bagian yang tersulit. Lakukan sekarang!

-mfikriazhari-
16 Cara Memotivasi Diri Sendiri Supaya Rutin Berolahraga 16 Cara Memotivasi Diri Sendiri Supaya Rutin Berolahraga Reviewed by mfikriazhari on July 14, 2017 Rating: 5

No comments:

advertise
Powered by Blogger.